Migrasi Sebagian!

Saya batasi blog ini khusus yang berbahasa Indonesia saja, sedangan di blog yang satunya dalam bahasa Inggris yang awalnya saya buat untuk syarat ikutan kontribusi nulis di Travelicious.world.

Jadi...blog ini masih akan tetap hidup untuk share beberapa info yang gak cuma soal perjalanan.

Beberapa post tentang jurnal traveling saya pindahkan ke url baru:  http://lilitanurdiana.com

Saturday, November 16, 2013

Trip Gokil: Menjangan, Ijen, Baluran

Kenapa saya bilang gila?

Saya nekad naik kereta selama 14 jam ke Surabaya. Padahal saya tahu banget kalau saya paling gak betah-an duduk berjam-jam lho. Lha ini 14 jam! Trip Toraja-Makassar 2 hari 2 malem dalem mobil masih kalah ok sama ini.

Ini dalam rangka ikutan acara jalan salah satu grup di BPI explore Jawa timur. Tapi pulangnya saya gak bareng rombongan karena ngejar waktu besokannya mesti ngantor pagi-pagi.

Paska 10 jam saya dan beberapa teman mulai uget-uget macem cacing kepanasan gak betah karena bokong pada nyeri 😁

Sabtu 2 Nov jam 10:30 pagi kami berangkat dari stasiun Kota, rombongan 30-an orang. Dan perjuangan 14 jam gak sia-sia karena tripnya seru banget, objectnya juga gak kalah seru.

Ini ringkasannya:

Day 1

14 jam perjalanan dengan kereta Gaya Baru Malam dari stasiun Jakarta Kota ke Stasiun Gubeng Surabaya.

Day 2

Minggu dini hari kami tiba di stasiun Gubeng, lanjut dengan elf ke Menjangan, Bali. Elf-nya nyaman dan ada colokan listrik di sebelah jok saya, maklum abg masa kini gak bisa jauh-jauh dari colokan.

Pas di gerbang Banyuwedang sempet ada insiden nyebelin yang melibatkan KTP saya. Saya sempet heran kok cuma saya yang dipanggil turun menghadap ke kantor si Petugas. Ternyata petugasnya nyari-nyari celah untuk dapetin duwit dengan cara yang najis *maaf* banget. KTP saya memang baru dan lupa saya tanda tanganin. Itu dijadiin perkara.

Setelah saya tandatanganin tu KTP dan panitia rombongan berusaha nego, akhirnya kami hanya perlu "nyumbang" Rp 30,000 ke si petugas korup tersebut. Tampangnya saya gak akan lupa. Ada 2 orang Bapak tua. Nah pelajaran ya guys, hati-hati sama petugas korup di gerbang Banyuwedang.

Sekitar jam 11:00 kami tiba di Menjangan dan saya pun kalap snorkeling, amazed sama banyaknya ikan dan aneka coral yang cantik. Gak salah saya napsu banget kepengen ke sini sejak 2 tahun lalu.

Sorenya setelah selesai bilas dan rempong ganti baju di dalem elf karena kamar mandinya banjir, kami langsung ngebut ke kawasan Ijen. Sempat makan malem dulu di jalan dan sampai Ijen setelah 5 jam maksain tidur di elf. Tapi teuteup saya gak berhasil tidur.

Menjangan Island

Underwater Menjangan

Day 3

Buat yang gak biasa naik gunung macem saya, wajib pakai jaket hangat, sepatu dan kaos kaki, sarung tangan, kupluk dan syal. Saya niatin bawa sepatu karena saya denger medan trekkingnya licin dan curam plus dingin. Sayang saya gak berani turun ke kawasan Blue Fire, karena saat itu rame banget orang bejubelan turun dan ngeri kalau sampai kepeleset. Ditambah lagi saya kedinginan dan ngantuk karena 2 malem gak berhasil tidur. Alibinya banyak, kan?

Paginya setelah sarapan di warung dekat parkiran Ijen, kami lanjut ke Baluran. Butuh waktu sekitar 4 jam dari Ijen ke Baluran. Sampai sana kami mesti nunggu di parkiran depan wisma Baluran sampai waktu check-in jam 13:00 sambil ditemenin monyet-monyet yang gelantungan dan napsu mau ngembat cemilan kita.

Nyeselnya, kenapa sore-sore jam 17:00 saya napsu banget snorkeling di Pantai Bama. Ternyata gak seru! Saya harus berenang dulu dari Pantai ke spot yang dibilang si Bapak yang nyewain snorkel gear, 500 meter-an lho! One way! Itupun masih ada rumput dan ikannya semacem brenyit-brenyit doang.

Akhirnya setelah capek, saya ngajak 3 orang lainnya balik ke pantai karena udah mulai gelap. Sempet ada tragedi baju saya ketinggalan di elf, jadi saya mesti balik ke elf ngambil baju ganti dan terpaksa pakai baju basah lagi. Balik ke bilasan untuk mandi lagi dong. Ckckck wistuwo.

Tadinya kita diwanti-wanti untuk pakai lotion anti nyamuk kalau malem, tapi ternyata nyaris gak ada nyamuk walaupun saya dan beberapa teman gelaran kasur di teras lantai 2 depan kamar kami. Gak tahan tidur di dalem kamar yang gak ber-ac dan gak ada kipas angin. Wong tanah aja pecah-pecah saking gersangnya, kebayang dong betapa panasnya udara di sono.

Ijen Crater

Taman Nasional Baluran

Day 4

Pagi-pagi sekitar jam 06:00 kami sudah mesti ngacir ninggalin Baluran demi ngejar jadwal kereta ke Jakarta. Sedangkan saya ngejar jadwal Sriwijaya Air jam 15:50.

Trip kali ini lumayan tepat waktu, panitianya lumayan ok.
Thank you Wuri dan Eki (Wuki Traveler) buat trip yang seru ini.