Migrasi Sebagian!

Saya batasi blog ini khusus yang berbahasa Indonesia saja, sedangan di blog yang satunya dalam bahasa Inggris yang awalnya saya buat untuk syarat ikutan kontribusi nulis di Travelicious.world.

Jadi...blog ini masih akan tetap hidup untuk share beberapa info yang gak cuma soal perjalanan.

Beberapa post tentang jurnal traveling saya pindahkan ke url baru:  http://lilitanurdiana.com



Saturday, June 8, 2013

Jambi: Short Getaway

Perjalanan kali ini super kilat. Berangkat sabtu subuh, pulang minggu siang. Berdua. Bukan sama pacar 😄

Tapi beneran deh citilink. Waktu mau take-off, ada petugas nyamperin saya, katanya mau lihat boarding pass saya. Saya kasih unjuk lah. Seperginya si petugas, saya tidur karena ngantuk berat, berangkat subuh dari Bogor. Tapi kenapa nama saya dihalo-haloin sama si mbak pramugari dan diminta menghadap salah satu crew. Dan saya samperin dong.

You. Know. What.
Mereka sok sibuk. Nyuwekin saya!
Sampe saya akhirnya kesel dan nanya kenapa saya dipanggil menghadap. Jawabnya?
"Oh, sudah, Bu. Tidak apa-apa."

Mau marah gak sih? Gak pake acara mohon maaf sudah ngerjain saya. Mana seluruh penumpang jadi tahu nama lengkap saya. Pas saya balik badan jalan menuju seat saya, orang-orang mandangin saya seakan-akan saya buronan yang gak jadi 😒

Lalu saking kekinya, saya tinggal tidur dan tahu-tahu sudah mau landing di Jambi. Yay!

Sewaktu di Bandara Sultan Thaha, kami sempat nanya ke counter penyewaan mobil dan nanya-nanya tarif PP ke Candi Muaro Jambi. Masa mintanya 500rb, terus saya langsung nyeletuk "mahal banget". Dia langsung nurunin tarif jadi 350rb. Si Temen nanya ke saya mau gak, saya bilang itu tarif sewa mobil seharian. Lalu kita ngeloyor ke arah exit tapi si Bapak Rental Mobil ngekorin nanya-nanya mau berapa memangnya. Saya bilang 200rb karena hitungan kurang dari 1/2 hari aja pakai mobil. Lalu, "Coba aja mbak cari, mana ada yang mau segitu termasuk bensin. Jauh, Mbak."

Karena sebal, kita cuwekin lah si Bapak itu yang keukeuh ngekorin terus. Lalu saya ngajak si Temen untuk masuk ke rumah makan, karena memang waktunya makan siang. Dan si Bapak itu mau ikutan masuk dong. Tapi akhirnya nyerah setelah kita tinggal makan.

Kelar makan ada seorang mas-mas di depan rumah makan nawarin rental mobil, dan setelah nego akhirnya deal dengan tarif 250rb.

Candi Muaro Jambi ternyata tumpukan batu bata merah dan jauh dari harapan saya. Saya pikir bakalan sekeren Candi Borobudur atau lainnya. Memang areanya luas sekali sesuai yang diinfo di banyak media, sampai kami jiper duluan dan milih untuk nyarter becak untuk keliling area Candi selama satu jam. Lumayan kesian juga nyaksiin di Abang ngayuh sepeda segitu lama. Padahal sih saya pengen nyobain sewa sepeda.




Artefak Candi Muara Jambi


Sorenya kami diantar si Bapak Driver ke area pasar Angso Duo, di sana banyak hotel murah katanya. Kamipun memutuskan nginep di Hotel Duta yang nawarin special rate dari 375rb jadi 300rb untuk standard room yang sudah termasuk sarapan. Lumayan sih, gedung baru dan servicenya sekelas hotel bintang 3. Dan mereka ada layanan airport transfer. Suka!

Setelah check-in dan mandi, kami jalan kaki ke pinggiran Sungai Batanghari yang dinamai Ancol. Nongkrong di sana sambil makan mie goreng, jagung bakar dan minum es tebu. Pokoknya selama di Jambi, apapun makanannya, minumannya harus es tebu.

Berhubung udaranya lembab dan panas, kami gak lama nongkrong di sana, pemandangannya juga hanya lampu gedung-gedung, sungainya kuning keruh.


Ancol

Besokan paginya kami keliling pasar Angso Duo, jajan pempek dan kembang tahu sampai kenyang mampus, kalap! Padahal kami udah sarapan di hotel. Setelah saya rekap trip expensenya, biaya jajannya lebih gede dari harga tiket pesawatnya hahaha.

Dan alhamdulillah di flight pulang menuju Jakarta, tidak terjadi insiden nama saya dihalo-haloin lagi.

No comments:

Post a Comment