Migrasi Sebagian!

Saya batasi blog ini khusus yang berbahasa Indonesia saja, sedangan di blog yang satunya dalam bahasa Inggris yang awalnya saya buat untuk syarat ikutan kontribusi nulis di Travelicious.world.

Jadi...blog ini masih akan tetap hidup untuk share beberapa info yang gak cuma soal perjalanan.

Beberapa post tentang jurnal traveling saya pindahkan ke url baru:  http://lilitanurdiana.com

Wednesday, November 13, 2013

Luntang-lantung Sendirian Di Ilocos

Ilocos merupakan salah satu region di Filipina yang terbagi menjadi 2 provinsi, yakni Ilocos Norte dan Ilocos Sur. Sisa peninggalan Spanyol masih sangat terasa di daerah ini, seakan-akan saya berada di Spanyol.

---------------------

Menyasarkan Diri Ke Ilocos

Trip kali ini sungguh sehat lho. Kenapa?

Karena waktu berangkat saya salah terminal, hasil googling sih si Cebu Pacific di terminal 3, tapi pas mau check in si Bapak securitynya ngasih tau mestinya saya ke Terminal 2. Untungnya ada shuttle bus lewat, jadi gak mesti nungguin lama. Tapi...ternyata gate yang saya tuju kok ya panjang banget antriannya, gak biasa banget untuk international flight segitu antrinya. Lalu pas giliran kelar ngantri dan scan ini-itu, pas di pintu boarding si mas-nya bilang gatenya udah di pindah! Duh, ini antiklimaks banget! Ke lokasi yang sama sekali berlawanan yang jelas-jelas jauh! Saya pun jalan setengah lari karena sudah nyaris lewat boarding time.

Flight Jakarta-Manila delayed 30 menit, padahal connecting flight saya dari Manila ke Laoag mepet banget dan memang saya agak nekad sih milih flight yang selisihnya cuma 1,5 jam. Itupun setelah perdebatan antara otak kanan dan kiri selama 2 minggu-an lho, kelamaan timbang sana-sini karena ngeri resiko jarak waktunya cuma 1,5 jam, tiket promonya keburu abis dan sayapun beli tiket dengan tarif normal 😓

Dan bener aja, sesampainya di NAIA si Ibu security bandara sampe ngucap "Mam? It's crazy your flight is at 06:55 and it's 06:05 now. Terminal 2 is far from this terminal, you know. I can't see the shuttle bus now. It's better if you take cab. You need to pay Php 450."

Meh. Php 450. terpaksa deh demi gak ketinggalan flight saya naksi dari terminal 3 ke terminal 2. Dan lucunya lagi, pas di dalem taxi saya baru nyadar kalo saya belom sempet beli Peso 😅

Ini gara-gara si money changer langganan kantor ngasih janji palsu mau nganter Peso pesenan saya ke kantor, tapi sorenya ngasih kabar kalau kurirnya lupa bawa Pesonya. Cis, untungnya si sopir taxi pinter dan sempet mampirin saya ke money changer yang lokasinya di pinggir jalan menuju terminal 1. Iya, bukan terminal 2. Katanya doi salah denger. Hahaha kebayang dong betapa senewennya saya macem apa kala itu? Udah waktu mepet pake acara dianter ke terminal yang salah pulak. Padahal saya jelas-jelas bilang Terminal 2 😑

Dan syukurnya saya masih bisa ngejar flight ke Laoag. Haha. Dengan ngos-ngosan. Lagi.

Masih kurang sehat. Pas pulang juga ada adegan ngos-ngosan lagi gara-gara flight Laoag-Manila delay selama 1 jam. Walau udah web check-in tapi tetep aja kalo lewat waktu boarding kan ya wassalam. Syukurnya yang ini juga masih aman. Walaupun sempet pindah gate (lagi)! Entah kenapa si Cebu Pacific ini labil bin galau sekali yah.

By the way, saya beli tiket Cebu Pacific di suatu dini hari awal Mei 2013 pas mereka promo Php 1 itu lho, dapet USD 64 return fare. Dan jaman itu mana saya bisa prediksi sih kalau di Philippines bakalan ada Super Typhoon Haiyan yang makan korban lebih dari 10,000 jiwa? Semua orang bertanya apa saya baik-baik aja di sana. Alhamdulillah kejadiannya jauh dari Ilocos.

Jumat 8 Nov malem saya langsung menuju Cengkareng setelah ditemenin ngobrol sampai jam 21:00 sama temen, killing time karena flight saya 00:30 dan males kalo mesti pulang dulu ke Bogor. Syukurnya si Pak Bos approve cuti Senin saya. Padahal Senin sebelumnya juga cuti 😋

Ini ringkasan perjalanan 3 hari di Ilocos Norte dan Ilocos Sur...

DAY 1

Tiba pagi di bandara Laoag yang masuk wilayah Ilocos Norte, si mbak bagian informasi nyaranin saya naik tricycle sekitar 15 menit ke Partas Bus Station dengan bayar standard fare Php 150. Iseng coba nawar, tapi cuma dijawab sambil senyum "No, Mam. it's standard." 😋 Namanya juga usaha.

Setelah sekitar 2 jam dengan bus Partas (yang ternyata on service 24 jam lho), saya tiba juga di kota yang saya idam-idamin sejak tahun lalu, Vigan City yang masuk wilayah Ilocos Sur. Saking terharunya, saya jalan tanpa arah dan nyasarin diri ke mana-mana, untungnya kota kecil.

Saya nginep di Grandpa's Inn, udah ngebet banget harus nginep di sini karena ngeces liat foto-fotonya di Tripadvisor. Aaahhhh suasananya asli bikin betah. Klasik banget settingnya. Padahal saya sempet hopeless karena email reservasi dicuwekin, untungnya pas saya datengin langsung masih ada kamar kosong.

Sampai menjelang malem saya ngiderin kota dengan Calessa (delman versi sana) dan jalan kaki, sempat makan siang juga di Chowking. Iya! Chowking! Saya juga nyaris girang lompat-lompat pas tau ada Chowking bertengger di sebelah McD di kawasan shopping centre deket Grandpa's Inn.

Malemnya saya depresi karena colokan di sana beda sama yang di Indonesia, saya bawa sih adaptor segitiga buat jaga-jaga tapi ternyata segitiganya mestinya yang kecilan. Kenapa saya gak bawa semua adaptor ya. Paginya dengan semangat walau belum mandi, saya kelilingin lagi tuh kota demi nemuin adaptor. Dan nemu sebuah toko yang jual aneka alat-alat elektronik, oh saya terharu banget dan ngasih senyum paling manis ke si mbak spg-nya. 😄

Pulang ke Grandpa's Inn dengan sumringah karena bisa ngecharge gadget, walo gak sempet ngecharge powerbank karena buru-buru ngejar waktu ke Laoag. Tapi terusnya si powerbank ketutup bantal di tempat tidur, ketinggalan deh.. 😔

Saya dan Calessa Keliling Vigan

Calle Crisologo

Vigan Cathedral

Bantay Church

Grandpa's Inn Clasic Interior

DAY 2

Sekitar jam 10:00 saya checkout dari Grandpa's Inn menuju jalan raya depan taman kota untuk naik Bus Partas balik ke Laoag. Sebenernya sih kalo gak berhenti-berhenti naikkin penumpang, perjalanan Vigan-Laoag cuma butuh sekitar 1 jam, tapi ya apa daya cuma itu optionnya.

Sesampainya di Laoag saya langsung naik tricycle ke terminal bus apalah-itu-namanya, untuk naik bus ke Bangui. Busnya kecil semacem miniarta dan kopaja gitu deh. 2 jam-an juga karena berhenti hampir setiap 20 meter untuk naikkin penumpang.

Sampe Bangui saya panik liat kincir-kincir cantik di sepanjang pantai, si kondektur sampe kaget dan nenangin saya kalau turunnya masih jauh. Hahaha pas diturunin di pangkalan tricycle si mas kondektur dengan baik hati manggilin salah satu tricycle untuk saya dan nyampein dalam Tagalog kalau saya mau ke Windmill.

Di pantai saya cuma ngabisin waktu gak lebih dari 15 menit motretin si windmill lalu minta balik ke si abang tricycle karena takut kesorean gak dapet bus ke Laoag. Doi sampe syok kok saya buru-buru amat, lalu nawarin motoin saya. Duh, pengertian banget si abangnya, lol.

Sampe jalan raya, saya teriak pas lihat ada bus ngetem: "To Laoag?"

Lalu si abang tricycle pun ikutan teriak-teriak ke kondektur bus nanyain jurusan dan minta nungguin saya. Si abang baik sekali.

Tapi di bus saya berdiri dong, penuh banget tuh bus. Ada nenek-nenek baik banget nawarin saya duduk di handle jok, tapi saya bilang "it's ok" sambil senyum manis.

Ternyata perjalanan balik ke Laoag lebih cepet dari pas berangkat, gak sampe 1 jam lho. Syukur deh.

Malemnya saya nginep di penginapan deket bandara yang amit-amit servicenya parah banget, padahal kamarnya sih bagus dan gede sekitaran 6X6 meter gitu. Itu wifi ada 3 biji semuanya gak guna padahal sinyalnya full, sampe saya bawelin setelah 1 jam-an minta restart routernya baru deh bisa. Tv-nya cuma bisa 1 saluran aja, channel lain kresek-kresek. Gak ada tempat sampah di dalam kamar dan kamar mandi.

Terus, berhubung di sekitaran sana gak ada minimart, jadi saya terpaksa pesen makanan di sana, yang rasanya gak sesuai harganya. Katanya bihun goreng gak pake apa-apa tapi pas dateng kok pake pork. Ya mereka mau-gak-mau bikin ulang lah. Nyesel juga kenapa saya gak stay di hotel tengah kota aja.

Bangui Windmill

DAY 3

Pagi sekitar jam 10:00 saya checkout dan naik tricycle ke kantor pos di tengah kota untuk ngeposin postcard buat temen. Si Abang tricycle-nya ternyata orang yang sama yang nganter saya dari bandara ke terminal bus Partas pas hari pertama, doi masih inget. Baiknya mau nungguin saya di kantor pos terus nganter ke city centre.

Kelar sarapan di McD, saya lanjut ngiderin kota jalan kaki. Padahal panas banget siang itu lho, sampe abis 2 botol air mineral saking hausnya kepanasan.

Karena gak tahan panasnya tengah kota, jam 13:00 saya buru-buru naik tricycle ke bandara yang ternyata masih tutup belum beroperasi, maklum flight departure & arrivalnya cuma ada 2 dalam sehari untuk Cebu Pacific dan PAL Express. Ngecek bagasi dll-nya pun masih manual, duh tas saya dibongkarin,

Si Ibu security berkali-kali nyuruh saya ke "Terminal P", tapi katanya saya boleh nunggu di waiting room karena Terminal P belum buka. Itu saya bingung, terminal kecil gitu flightnya aja cuma 2 kenapa terminalnya bisa sampe P ya? Ternyata...yang dimaksud adalah terminal fee! Hahaha ternyata ada yang lidah Sunda juga di sana. Untung saya nanya ke mas penjaga counter PAL Express, kalo gak saya bakalan muter-muter nyariin itu terminal P.

Di waiting room sempet ngobrol ngalor-ngidul sama seorang ibu dari USA yang datang ke Laoag ngunjungin nyokapnya yang sakit. Seru ceritanya sampe kita saling tukeran id Linkedin segala.

Ya pokoknya alhamdulillah banget perjalanan kali ini walaupun saya sendirian tapi saya selalu dipertemukan dengan orang-orang baik.

Salam sehat dari lari-lari ngejar connecting flight, ya. Dan salam manis dari si kacamata yang terpaksa eksis karena bepergian sendiri gak bisa ngandelin mata temen 😁

Around Laoag City Centre

St. Augustine (Paoay) Church

1. lo jalan sendiri apa gimana?
    gw bakal jalan sendiri juga ini april nanti ke laos semoga ga ada hambatan

2. Cenil: Yoih gw jalan sendiri. Kudu teliti dulu sama medannya biar lancar dan pede jalan sendiri. Wow Laos gw belom, semoga lancar.